Internet Mangoesky untuk Desa Terpencil di Tutuyan, Bolang Timur

By Sonny | Jan 31, 2017

Tutuyan – Telkom bercita-cita agar internet menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Boltim. Maka dari itu pemerintahan ibukota Kabupaten Bolang Mongondow Timur bersama dengan PT Telkom bekerja sama membangun wifi corner pada februari 2017.

"Beberapa area di Boltim yang terjangkau fiber optik di Mooat, Tutuyan dan Kotabunan, menyusul Modayag," terang Amri Pari Ushamahu selaku Kepala Kantor Telkom Kotamobagu , pada Selasa (31/1).

Wifi corner yang memiliki kapasitas 100 mega bite persecond (Mbps) tersebut akan dipasang dan dipergunakan oleh masyarakat dan siswa. Fasilitas tersebut akan dibuka 1x24 jam. Cukup dengan membeli paket data melalui sms atau membeli voucher dengan harga mulai Rp 5 ribu maka fasilitas tersebut bisa dipergunakan.

Pak Amri Pari juga mengungkapkan bahwa antusias warga Boltim menggunakan internet sangat tinggi, sudah banyak warga yang berharap segera masuk ke Boltim. "Harapan kami semua wilayah di Boltim terkoneksi internet," ucapnya.

Telkom akan bekerjasama dengan pemda untuk memasukkan internet ke desa terpencil menggunakan Mangoesky dan indihome. Telkom siap memasang perangkat wifi gratis di sejumlah titik ibukota. Namun menunggu kerjasama dengan pemda Boltim.

"Kami sudah menawarkan banyak aplikasi human center ke pemda terkait pengawasan PNS, pusat data kepegawaian, kependudukan, data desa dan PBB termasuk bangun CCTV dan aplikasi absensi," ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Boltim, Astony Angmalisang mengatakan pemda akan bekerjasama dengan telkom untuk membangun sejumlah aplikasi untuk menunjang kinerja pemda dan akan membuat pusat data desa serta pusat data PNS.

Boltim perlu membuka akses terhadap internet agar tidak menjadi daerah tertinggal. "Kita akan siapkan anggaran untuk infrastruktunya," tegasnya.

Sumber : manado.tribunnews.com