Pemberian Akses Internet Bagi 10 Desa Terpencil Kabupaten Sumba

By Randy | Mar 20, 2017

Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir H. W Musyafirin, M.M menyerahkan perangkat jaringan internet berbasis satelit kepada 10 desa terpecil yaitu Desa Talonang, Desa Tatar. Kemudian Desa Mataiyang, Desa Rarak Ronges, Desa Moteng, Desa Mantar, Desa Kiantar, Desa Tuananga, Desa Kelanir dan Desa Bangkat Monteh. Penyerahan perangkat akses internet ini berkaitan dengan program pemerintah, yaitu Desa Broadband Terpadu yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika, BP3TI beserta pihak penyedia perangkat.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat, Ir. H. Muslimin, M.Si mengatakan bahwa “Kegiatan dari program ini bertujuan untuk memperlancar komunikasi dan informasi melalui internet Mangoesky, yang dimana layanan ini merupakan layanan akses internet berbasis teknologi satelit. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Telkom yang terhubung ke desa-desa.” Ujarnya.

Tujuan dari program ini adalah pendayagunaan teknologi informasi dan komuniksi untuk mendukung kinerja pemerintah dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat serta lebih mendekatkan diri pada dunia usaha melalui e-goverment. Selain itu pemkebrian ini juga bermaksud untuk menembuhs kesenjangan teknologi informasi di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Terpencil)

'Akses internet ini sangat penting, dengan jaringan internet via satelit ini aparatur desa akan memberikan laporan via internet termasuk juga untuk mendukung absen online,” Tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat, Ir. H. Muslimin, M.Si.

Jaringan internet ini akan dipasang ke seluruh desa di Kabupaten Sumbawa Barat agar membantu aktivitas desa sehari-hari.

Sumber: sumbawabaratkab.go.id