Peran Mangoesky Dalam Pengembangan Smart City

By Sonny | Feb 14, 2017

Sumenep – Kabupaten Sumenep melakukan kerjasama dalam hal pengembangan Smart City dengan menggandeng PT Telkom Indonesia. Dalam pengembangan ini Telkom mengimplementasikan akses internet Mangoesky guna mendukung pengambangan Smart City. Mangoesky merupakan akses internet dapat digunakan baik untuk voice call serta terdapat UHD TV melalui satelit 3S dari Telkom. Hal ini dilakukan Telkom agar membantu warga sekitar dalam hal berkomunukasi.

Menurut Manager Witel Gresik Madura, Wasito mengatakan bahwa “Kontur geografis Sumenep punya tingkat kesulitan yang tinggi dalam penggelaran jaringan akses sampai ke kepulauan khususnya. Tetapi pihaknya selalu punya solusi, dan saat ini beberapa wilayah sudah disolusikan dengan Mangoesky. Rencana ada 53 titik Mangoesky yang akan diinstal namun saat ini 15 desa. di Kecamatan Dungkek Sumenep sudah siap diinstal dalam waktu dekat.” Tuturnya.

Kepulauan yang beada di sekitar Sumenep dan Madura sudah dapat dijangkau Mangoesky yang dapat digunakan untuk voice hingga akses data menggunakan media berbasis satelit. Selain memberikan perangkayt akses internet Telkom juga membangun Broadband Learning Center untuk membantu penggunaan dan pemanfaatan internet broadband bagi masyarakat sekitar.

Menurut Kakandatel Telkom, Djodi Supriatno mengatakan bahwa “Beroperasinya Mangoesky ini, otomatis akan membantu siswa-siswi di Sumenep untuk bisa menyelenggarakan UNBK. Khususnya tentu saja di beberapa sekolah setingkat SMA yang sudah melakukan penandatanganan program UNBK, yakni SMA Batuan dan SMA Arjasa di kepulauan Kangean.” Tuturnya.

Sebagai perusahaan milik negara yang mempunyai layanan terlengkap untuk Smart City, Telkom bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota punya peran untuk bergandengan tangan mengimplementasikan Smart City yang modern, efisien, efektif, dan untuk Sumenep selain 27 kecamatan dan desa-desanya, dunia pendidikan menjadi salah satu prioritasnya implementasinya.

Sumber: Webiste Jawapos